Kelapa pohon kehidupan

potensi kelapaPohon kelapa disebut juga sebagai pohon kehidupan karena seluruh komponen dari pohon kelapa memberikan manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia baik dari aspek fisik, ekonomi, maupun sosial. Dengan luas 3,7 juta hektar dan tersebar di seluruh nusantra tanaman kelapa tidak bisa dilepasakan dari kehidupan rakyat indonesia karena hampir 97% luas tanaman kelapa dimiliki oleh petani. Dari potensi produksi sebesar 15 milyar butir pertahun hanya dimanfaatkan sebesar 7,5 milyar butir pertahun atau sekitar 50% dari potensi produksi. Masih banyak potensi kelapa yang belum dimanfaatkan karena berbagai kendala terutama teknologi, permodalan, dan dan daya serap pasar yang belum merata.

Selain sebagai salah satu sumber minyak nabati, tanaman kelapa juga sebagai sumber pendapatan bagi keluarga petani, sebagai sumber devisa negara, penyedia lapangan kerja, pemicu dan pemacu pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru, serta sebagai pendorong tumbuh dan berkembangnya industri hilir berbasis minyak kelapa dan produk ikutannya di Indonesia.

Melihat potensi tanaman kelapa yang sangat besar PT. Agri Lestari Nusantara berencana untuk mengembangkan produk-produk turunan dari kelapa yang dapat meningkatkan nilai tambah. Pengolahan kelapa secara terpadu akan menjadi core business dari PT. Agri Lestari Nusantara yang dapat memberikan keuntungan sosial dan lingkungan hidup.